Location,@-6.3330713,106.7957638,17z
+62 21 75300001
info@poltekim.ac.id

Pengajaran

Manajemen Teknologi Keimigrasian

Pengajaran, merupakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas dengan tujuan memperoleh, memperluas, dan memperdalam ilmu dan pengetahuan akademik. Bentuknya dapat berupa kuliah, ceramah, atau instruksi. Metode pedagogi ini menitikberatkan aspek kecerdasan dan kemampuan intelektual dengan bobot nilai 50%.

Peserta didik di dalam proses belajar-mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuanĀ soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan innovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu di dalam kurikulum Program Studi Manajemen Teknologi Keimigrasian dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, prakek pengenalan lapangan, kerja praktek ke satuan kerja di Imigrasi, dan sebagainya.

Pendidikan yang didapat oleh para peserta didk meliputi Mata Kuliah Dasar Umum, Mata Kuliah Dasar Khusus, Mata kuliah Keahlian dan Mata Kuliah Keterampilan untuk bidang teknologi informasi komunikasi, sosial dan tentunya materi teknis Keimigrasian. Di bidang ini peserta didk diajarkan untuk bisa belajar baik secara perorangan maupun berkelompok. Dengan kerjasama yang baik diantara anggota kelompok belajar itu, tentunya dapat meningkatkan wawasan dan menambah pengetahuan para peserta didk serta mempermudah proses transformasi ilmu.

Setiap tahunnya, peserta didk Politeknik Imigrasi melakukan kegiatan praktek di lapangan, baik di kantor-kantor imigrasi ataupun Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Tahap I yang dilakukan pada akhir semester II ialah Praktik Pengenalan Lapangan, disingkat PPL. Tahap II yang dilakukan pada akhir semester IV ialah Praktik Kerja Lapangan, disingkat PKL. Tahap III yang dilakukan pada akhir semester VI ialah Kuliah Kerja Nyata, disingkat KKN. Hal ini merupakan suatu langkah penting yang harus dilaksanakan oleh peserta didik Politeknik Imigrasi sebagai awal bagi peserta didk untuk mengenal dunia pekerjaan yang akan digeluti di masa yang akan datang.

Di setiap awal dari semester baru, dilaksanakan acara yudisium yaitu peresmian bagi peserta didk untuk melangkah menuju semester yang baru. Disini disebutkan peserta didk yang berprestasi dan masuk ke dalam peringkat 10 terbaik. Hal ini menjadi suatu cambuk dan motivator bagi peserta didk yang lain agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya di semester yang akan datang.